Mengenal Hari TALIWANGKE dan Hari SAMPARWANGKE

Makna dan Arti Hari Taliwangke dan Samparwangke

Ramalan Hari – Apa itu hari TALIWANGKE? Taliwangke berasal dari kata “Tali” dan “Wangke”. Arti kata “wangke” adalah bangkai atau mayat, jadi secara harfiah “Taliwangke” bermakna “Tali Mayat”.

Arti Hari Taliwangke dan Hari Samparwangke
primbon.id

Arti hari “Taliwangke” yaitu “Hari Nahas” atau “Hari Sial (Sengkolo)”. Sebagian orang Jawa percaya bahwa pada hari taliwangke tidak boleh melakukan aktifitas-aktifitas penting seperti pesta pernikahan, hajatan, membangun rumah dan lain sebagainya.

Jika seseorang melakukan aktifitas penting pada hari taliwangke tersebut dipercaya akan mendapatkan kesialan atau kegagalan karena mengalami banyak rintangan.

Hari TALIWANGKE (Hari Nahas/sengkolo)

Dalam 30 wuku, terdapat 6 hari taliwangke yang sebaiknya dihindari untuk melakukan kegiatan-kegiatan penting. Berikut ini tabel hari taliwangke lengkap dengan nama hari dan lambangnya ;

--ads4--
No Wuku Nama Hari Taliwangke Hari Pasaran Lambang
1 Wuye Somaye Senin Kliwon Pasangan manuk
2 Wayang Anggarayang Selasa Legi Teja lumaku patihe andaka wana
3 Landep Bodanep Rabu Pahing Iwak pringgo mati
4 Warigalit Warigamis Kamis Pon Jalma mati
5 Kuningan Sukraingan Jumat Wage Tuwuhan gagar
6 Kuruwelut Tumpaklote Setu Kliwon Kapas agring

Hari SAMPARWANGKE

Hari samparwangke juga merupakan hari nahas atau hari yang tidak baik untuk melakukan kegiatan-kegiatan penting. Samparwangke terdiri dari kata “sampar” dan “wangke”.

--mgid--

“Sampar” berarti “sandung” dan “wangke” berarti bangkai/mayat. Jadi, arti dari “Samparwangke” adalah “Kesandung Mayat”

Dalam 30 wuku ada 5 hari samparwangke yang jatuh pada ringkel aryang, artinya nahas manusia (apesing manungso). Pada hari-hari tersebut sebaiknya dihindari melakukan kegiatan-kegiatan penting. Berikut ini tabel hari samparwangke ;

No Wuku Nama Hari
1 Warigalit Senin Kliwon
2 Bala Senin Legi
3 Langkir Senin Pahing
4 Sinta Senin Pon
5 Tambir Senin Wage

*Pada hari taliwangke dan samparwangke seperti yang tersebut pada tabel diatas sebaiknya tidak melakukan kegiatan-kegiatan penting, seperti pesta pernikahan dan sejenisnya. Sebab apabila dipaksakan dilaksanakan dipercaya pelakunya akan mendapatkan kesialan atau kegagalan.

--ads--
--ads--
--mgid bottom--